Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits pada Siswa Kelas VI MI Masyariqul Anwar Hilian Baji Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2013/2014

Fahmi, Ali (2014) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits pada Siswa Kelas VI MI Masyariqul Anwar Hilian Baji Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
ALI FAHMI.pdf - Other

Download (439kB)

Abstract

Proses belajar mengajar di Sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan memberikan pemahaman terhadap mata pelajaran. Suatu kenyataan di lapangan, hasil belajar Pendidikan agama Islam khususnya mata pelajaran al-Qur’an Hadits selalu rendah. Hal lain yang paling banyak dikeluhkan di lapangan adalah pelajaran al-Qur’an Hadits kurang menarik, hal ini disebabkan oleh kekeliruan kita dalam mengajarkan al-Qur’an Hadits yang cenderung monoton, searah dan tidak memperhatikan siswa dalam arti guru sebagai pusat aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas, segala sesuatu bersumber pada guru karena dianggap yang paling tahu segala sesuatu yang harus diketahui peserta didik.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka salah satu ukuran keberhasilan atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik yang telah mengikuti metode pemebelajaran yang digunakan pendidik dalam proses pembelajaran Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, objek penelitian ini kelas VI MI Masyarikul Anwar Hilian Baji.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Contectual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadits klas VI MI Masyarikul Anwar Hilian Baji. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan kontektual. Adapun pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar.

Dari hasil analisis dapat diketahui hasilnya bahwa aktivitas peserta didik meningkat secara keseluruhan, hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar al-Qur’an Hadits siswa yang dicapai pada setiap siklus, siswa yang mendapat nilai ≥70 mulai dari sklus pertama 25% meningkat pada siklus kedua menjadi 85%. Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode Contectual Teaching Learning (CTL) dapat mengikatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:06
Last Modified: 20 Sep 2022 01:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item