Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran

Dewi, Oktaviani Fatma (2022) Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] Text
SKRIPSI OKTAVIANI FATMA DEWI -1701030061 - PIAUD.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan sosial emosional anak kelompok B TK Aisiyah Bustanul Atfal 38 Banjarrejo Batang Hari, Lampung Timur yang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena perilaku sosial emosional anak masih kurang seperti berbagi dengan teman, kerjasama, tolong menolong, saling memaafkan, dan memahami perasaan diri dan teman disekitar, belum maksimalnya metode yang digunakan dalam mengembangan perkembangan sosial emosiona anak. Dari permasalah tersebut maka diperlukan suatu perbaikan yang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di TK Aisiyah Bustanul Atfal 38 Banjarrejo Batang Hari, Lampung Timu. Anak memerlukan kegiatan yang menarik dan tidak membosankan salah satunya adalah bermain peran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain peran di TK Aisiyah Bustanul Atfal 38 Banjarrejo Batanghari Lampung Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui metode bermain peran di TK Aisiyah Bustanul Atfal 38 Banjarrejo Batanghari Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan, subjek dalam penelitian ini adalah 26 anak kelompok B TK Aisiyah Bustanul Atfal 38 Banjarrejo Batanghari Lampung Timur, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Peningakatan perkembangan sosial emosiona anak dikatakan berhasil jika 53% (13 anak) dari 25 anak jumlah keseluruhan masuk kedalam kreteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I perkembangan sosial emosional anak dengan kreteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 32% dan pada siklus II meningkat hingga 68%. Hasil ini mengambarkan bahwa melakukan kegiatan bermain peran dapat meingkatan perkembangan sosial emosional anak di di TK Aisiyah Bustanul Atfal 38 Banjarrejo Batanghari Lampung Timur.

Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional Anak, Metode Bermain Peran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:47
Last Modified: 22 Sep 2022 03:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6455

Actions (login required)

View Item View Item