Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Deskripsi Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK ABA 31 Way Pacar Gedung Wani Lampung Timur

Susiyamiati, Desi Nur (2022) Deskripsi Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK ABA 31 Way Pacar Gedung Wani Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DESI NUR SUSIYAMIATI -1801032005 - PIAUD.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha guru dalam mempengaruhi keperibadian anak usia dini mencakup segala hal yang ada di dunia pendidikan, baik keteladanan dari guru, perilaku guru, dan pembelajaran guru. Oleh karena itu guru merupakan cerminan bagi peserta didik. Dalam pembentukan karakter dibutuhkan metode yang sesuai agar karakter dapat tumbuh dalam peserta didik. Metode yang digunakan TK ABA 31 Way Pacar Gedung Wani Lampung Timur adalah metode pembiasaan. Metode pembiasaan merupakan metode yang menitik beratkan pada penanaman kegiatan atau amalan yang sifatnya terus menerus atau rutinitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam pendidikan karakter anak usia dini beserta faktor pendukung dan penghambatnya.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK ABA 31 Way Pacar Gedung Wani Lampung Timur. Sumber data yang dignakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik anasilis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan metode pembiasaan dalam pendidikan karakter anak usia dini di TK ABA 31 Way Pacar Gedung Wani, dengan dilaksanakan penerapan metode pembiasaan secara terus menerus dan berkelanjutan yang menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter meliputi: metode pembiasaan kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, religiusitas dan kejujuran. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter dibagi menjadi dua yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu, sarana dan prasarana yang telah guru sediakan sebagai tempat dan alat untuk mengembangkan karakter anak, dan kreativitas yang membangitkan rasa ingin tahu anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk menjelajah alat permainan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perbedaan kemampuan dan perkembangan anak dan sikap orang tua (yang menyerahkan pendidikan kepada sekolah). Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:40
Last Modified: 22 Sep 2022 03:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item