Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran Daring Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SDN 1 Kalibening Pekalongan Pada Masa Pandemi Covid 19

Prastyany, Dhinda Dwi (2022) Implementasi Pembelajaran Daring Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa di SDN 1 Kalibening Pekalongan Pada Masa Pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Dhinda Dwi Prastyany-1801050016 - PGMI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pembentukan karakter sangat penting dilakukan oleh sekolah guna mendorong siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam segala kegiatan. Tujuan pembentukan karakter tanggung jawab siswa pada dasarnya untuk melatih dan menyempurnakan budi pekerti yang luhur. Lingkungan sekolah sangat berpengaruh terhadap siswa dalam membentuk karakter mereka dalam menemukan jati diri. Pada kenyataannya ada beberapa siswa belum dapat membentuk karakter tanggung jawabnya dalam memenuhi kewajibannya yaitu belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring dalam pembentukan karakter tanggung jawab dengan menunjukkan faktor apa saja yang dapat mempengaruhinya.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Kalibening. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan guru kelas V dan guru agama. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, tahap penarikan kesimpulan.

Kesimpulan yang diperoleh yaitu implementasi pembelajaran daring dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa diterapkan oleh guru beserta siswa yang saling bekerja sama dalam usaha tersebut. Perencanaan pembelajaran daring dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter yang disesuaikan dengan kondisi dan karakter siswa. Hasil implementasi pembelajaran daring dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa yaitu dengan menerapkan pembiasaan sikap disiplin, tanggung jawab terhadap semua tugas, aktif dalam proses pembelajaran daring sehingga memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, dan kepedulian yang dapat menumbuhkan karakter tanggung jawab siswa, dengan hasil persentase 70% dan mendapatkan predikat baik pada pembelajaran daring di SDN 1 Kalibening. Faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab siswa yaitu faktor psikologis, faktor lingkungan dan faktor sosial. Kata kunci: pembelajaran daring, karakter tanggung jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 22 Sep 2022 04:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item