Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Kenakalan Siswa (Juvenile Delinquency) di SMA Teladan Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur

Khusna, Fadilatul (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Kenakalan Siswa (Juvenile Delinquency) di SMA Teladan Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FADILATUL KHUSNA -1701010117 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa, anak-anak mengalami pertumbuhan cepat disegala bidang. Akhir-akhir ini kehidupan remaja khususnya siswa sering dihadapkan pada berbagai masalah yang kompleks tentunya sangat perlu untuk mendapatkan perhatian dari semua pihak. Adanya banyak penyimpangan diberbagai norma kehidupan, baik agama maupun sosial yang terwujud dalam bentuk-bentuk perilaku anti sosial seperti tawuran antar geng, seks bebas, penyalah gunaan narkoba, penganiayaan, pencurian serta perbuatan amoral lainnya semakin marak terjadi. Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka pertanyaan penelitian ini yaitu bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan kenakalan siswa (juvenile delinquency) di SMA Teladan kecamatan Way Jepara kabupaten Lampung Timur?.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran peran guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan kenakalan siswa (juvenile delinquency) di SMA Teladan kecamatan Way Jepara kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, Sumber data ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan analisis yang telah peneliti lakukan dapat diperoleh kesimpulannya bahwa peran yang diberikan guru pendidikan agama Islam dalam pencegahan kenakalan siswa adalah sebagai penasihat yakni guru memotivasi siswa untuk mengamalkan nilai-nilai agama, selanjutnya guru melakukan peran sebagai model dan tauladan untuk mencerminkan sikap dan tutur kata yang baik agar menjadi panutan bagi siswa, selanjutnya guru melakukan peran sebagai pribadi untuk menanamkan kepribadian agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berperilaku sesuai norma aturan yang berlaku, serta guru melakukan peran sebagai peneliti untuk dapat menghadapi siswa dengan berbagai macam karakter, keterampilan dan pengetahuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:43
Last Modified: 27 Sep 2022 07:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item