Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Komparasi Pembelajaran Daring dan Blended Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Negeri 1 Taman Cari Purbolinggo

Novita, Mega (2022) Studi Komparasi Pembelajaran Daring dan Blended Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Negeri 1 Taman Cari Purbolinggo. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Mega Novita -1801050032 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Virus Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor kehidupan, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Pembelajaran dalam dunia pendidikan yang awal mulanya dilaksanakan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan) dan saat ini menjadi blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar matematika pada pembelajaran daring dan blended di SD Negeri 1 Taman Cari. Pertanyaan yang ingin di jawab dalam penelitian ini adalah “Bagaimana perbandingan hasil belajar matematika SD Negeri 1 Taman Cari Purbolinggo pada pembelajaran daring dan blended?

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kuantitatif dengan sifat penelitian komparatif. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 1 Taman Cari Purbolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan Uji SPSS yaitu Prasyarat Analisis (Uji Normalitas) dan Uji Hipotesis (Uji T).

Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika pada pembelajaran daring dan hasil belajar matematika pada pembelajaran blended. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung sebesar 6,327 dengan df = n – 1 = 20 – 1 = 19 dan taraf signifikasi 5% sebesar 2,093 maka hipotesis yang diajukan peneliti (Ha) diterima dan Ho ditolak atau karena thitung ≥ ttabel = 6,327 > 2,093 yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara pembelajaran daring dan blanded di SD 1 Taman Cari Purbolinggo Lampung Timur. Kata kunci : Pembelajaran Daring, Blended, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Sep 2022 08:11
Last Modified: 27 Sep 2022 08:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item View Item