Resky, Messy Amalia (2022) Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI MESSY AMALIA RESKY - 1801080015 - IPS.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Metro saat ini dilakukan secara tatap muka terbatas dikarenakan terjadinya wabah covid-19. Sebagai komponen utama dalam bidang pendidikan seorang guru dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang terjadi. Oleh karena itu, kreativitas guru di dibutuhkan dalam rangka memaksimalkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk kreativitas guru, mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Metro. Jenis penelitian yang digunkan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat bentuk-bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran IPS yaitu: (1) Fluency yaitu guru mampu mengembangkan ide-ide baru yang akurat sesuai dengan masalah yang dihadapi, (2) Fleksibillity yakni bersikap fleksibel menghadapi pembelajaran masa pandemi, (3) Mampu membaca karakter peserta didik yang beraneka ragam, (4) Variatif dalam menggunakan metode pembelajaran, seperti metode tanya jawab, diskusi, penugasan, ceramah bervariasi, dan metode role play. (5) Variatif dalam menggunakan media pembelajaran yaitu internet, whatsapp grup, google classroom, google form, youtube, power point interaktif, film, DVD, dan zoom meeting. (6) Memiliki karakter yang baik dan inspiratif seperti memberikan motivasi serta nasihat bagi peserta didik. Terdapat faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 10 Metro. Faktor pendukung kreativitas guru yaitu terdapat dukungan dari pihak sekolah, ketersediaan sarana prasarana, keaktifan guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat yaitu keterbatasan pembelajaran tatap muka, kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, dan sulitnya akses jaringan internet peserta didik.
Kata Kunci: Kreativitas guru, pembelajaran IPS, faktor pendukung dan penghambat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 02:50 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 02:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6504 |
Actions (login required)
View Item |