Inindita, Nadira Syifa (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Terhadap Efektifitas Kinerja Pegawai (Studi Kasus di KBIHU Mandiri Muhammadiyah). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI NADIRA SYIFA ININDITA -1804011013 - MHU.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Suatu kelompok bimbingan ibadah haji umroh memiliki tujuan utama yaitu terwujudnya jamaah haji mandiri disertai ilmu dan cerdas dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji untuk meraih haji yang mabrur. Salah satu penentu keberhasilan kelompok bimbingan ibadah haji umroh dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan terpercaya, hal ini dapat dilihat melalui penilaian jamaah atas efektifitas kinerja kelompok bimbingan ibadah haji umroh tersebut. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan bimbingan manasik haji terhadap efektiftas kinerja pegawai pada KBIHU Mandiri Muhammadiyah. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan bimbingan manasik haji. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah efektifitas kinerja pegawai.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini adalah jamaah haji KBIHU Mandiri Muhammadiyah sebanyak 30 orang. Pada tahap uji analisis data dilakukan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, uji t, uji regresi sederhana, dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 5,204 > ttabel 2,084 yang berarti menunjukan hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat dikatakan variabel kualitas pelayanan bimbingan manasik haji (X) berpengaruh secara signifikan terhadap efektifitas kinerja pegawai variabel (Y), dengan hasil koefisien determinasi atau variabel kualitas pelayanan bimbingan manasik haji yakni daya tanggap, jaminan, bukti fisik, perhatian, dan dapat diandalkan, secara keseluruhan berpengaruh sebesar 49.4 % terhadap efektifitas kinerja pegawai. Sedangkan hasil regresi liner sederhana kualitas pelayananbimbingan manasik haji (X) didapatkan sebesar 0,248 (positif), artinya semakin tinggi kualitas pelayanan bimbingan manasik haji yang didapatkan jamaah maka semakin tinggi pula efektifitas kinerja pegawainya.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Bimbingan Manasik Haji, Efektifitas Kinerja Pegawai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 03:10 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 03:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6506 |
Actions (login required)
View Item |