Septiana, Dewi (2022) Pengembangan Booklet Materi Tumbuhan Paku Sebagai Media Pembelajaran Kelas X Siswa SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DEWI SEPTIANA -1801061010 - T. Biologi.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang berbasis buku cetak, power point,atau buku perpustakaan yang membuat siswa merasa bosan ketika materi yang dipelajari sangat banyak, buku yang dibaca tebal dan tidak dilengkapi dengan gambar yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Booklet materi tumbuhan paku sebagai media pembelajaran siswa kelas X SMA/MA.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation, evaluation (penilaian). Hasil persentase validasi materi adalah 78,6% termasuk dalam kriteria “Layak”. Sedangkan validasi media diperoleh hasil persentase 78,6% termasuk kedalam kriteria “Layak”. Hasil ujicoba guru memperoleh skor 61 dengan hasil persentase 93,8% dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Hasil uji coba terhadap respon siswa pada produk Booklet yang telah dikembangkan memperoleh skor 41,3 dengan hasil persentase 82,6% dan termasuk kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil keseluruhan hasil persentase didapatkan rata-rata keseluruhan produk Booklet sebesar 83,4% dan termasuk dalam kriteria “Sangat Layak” dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di Sekolah karena sesuai dengan kriteria Booklet yaitu praktis, berwarna dan ringkas juga memuat isi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tumbuhan Paku, Booklet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6512 |
Actions (login required)
View Item |