Astari, Desi (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Al–Qur’an Peserta Didik Kelas IV Di SD IT Bustanul Ulum Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DESI ASTARI -1801010023 - PAI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Strategi merupakan sebuah komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, salah satunya pada proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam ini merupakan salah satu upaya untuk menerapkan bagaimana nilai-nilai ajaran agama islam yang ada pada tiap materi mampu dipelajari, dipahami serta bisa diamalkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Karena strategi itu sangat penting dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang dicapai.
Kesenjangan atau permasalahan dalam penelitian ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, peneliti menemukan masih ada beberapa peserta didik yang kurang fasih membaca Al-Qur’an dan dibutuhkan strategi guru dalam membimbing kemampuan membaca Al-Qur’an yang sangat penting bagi kehidupan dunia dan akhirat, serta perlu diketahui faktor pendukung maupun penghambatnya terkhusus di SD IT Bustanul Ulum. Kemampuan membaca siswa masih rendah.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam membimbing siswa agar mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam memberikan bimbingan kepada siswa agar mampu membaca Al-Qur’an, serta untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an yang dimiliki siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam membimbing kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan baca Al-Qur’an (dengan menggunakan strategi Qiro’ati) dan guru membiasakan baca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran. Faktor pendukungnya yaitu orang tua, peran dan perhatian kepala sekolah, serta minat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana prasarana. Kemampuan membaca anak lebih baik setelah diberikan bimbingan dan diterapkan strategi dari guru Pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:25 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6516 |
Actions (login required)
View Item |