Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Di MTsN 1 Lampung Timur

Artiana, Izelia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Di MTsN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IZELIA ARTIANA -1801040011 - TMTK.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kurangnya keaktifan siswa di dalam kelas. Siswa tidak menunjukkan kemampuan pemecahan masalah secara maksimal dipicu oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih konvensional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTsN 1 Lampung Timur.

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling, dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII F dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dari hasil pretest dan posttest. Lima butir soal essay sebelum dan setelah diberikan perlakuan dalam proses pembelajaran. Dari data tes yang terkumpul lalu dilakukan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.

Dari hasil analisis data yang didapat dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII F dan VIII A, pada uji t diperoleh nilai t-hitung = 12,0751 dan nilai t tabel = 2,024, karena hasil yang diperoleh t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan diterima Ha. Artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dibandingkan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII di MTsN 1 Lampung Timur dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Group Investigation (GI), Model Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:25
Last Modified: 01 Nov 2022 04:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6518

Actions (login required)

View Item View Item