Zahro, Fatimatu (2022) Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Kasui Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI FATIMATU ZAHRO -1801011049 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan yang muncul pada penelitian ini ialah penggunaan pembelajaran blended learning kurang efektif hal ini dapat dilihat dari kurangnya pemanfaatan teknologi dalam penyampaian materi pembelajaran. Kurangnya kemauan dan ketekunan peserta didik dalam mengerjakan tugas yang timbul dari dalam diri peserta didik sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Kurangnya keinginan yang kuat untuk menguasai materi yang diberikan, dan merasa jenuh dengan banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Selain itu muncul keluhan tentang pemborosan kuota internet untuk pembelajaran daring pada pembelajaran Blended Learning.
Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Di SMA Negeri 2 Kasui Way Kanan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Di SMA Negeri 2 Kasui Way Kanan. Dan hipotesis penelitiannya adalah ada Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Di SMA Negeri 2 Kasui Way Kanan.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya untuk masing-masing variabel bebas dan variabel terikat tergambar oleh nilai dari harga Chi Kuadrat (X2 ). Sedangkan pengaruh dua variabel bebas terhadap variabel terikat dapat diketahui dari nilai koefisiennya.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran Blended Learning berdasarkan standar nilai ketuntasan KKM (75-100) maka sebanyak 41,6% peserta didik berada dalam kritera tidak tuntas. Maka dengan demikian Pembelajaran Blended Learning mempengaruhi menurunnya hasil belajar siswa.
Setelah data dianalis diketahui bahwa Chi Kuadrat (X2 hitung) lebih besar daripada Chi Kuadrat (X2 tabel), dimana Chi Kuadrat (X2 hitung) sebesar 18,774 dan Chi Kuadrat (X2 tabel) pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488 ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan.
Kata kunci : Pembelajaran Blended Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:25 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6522 |
Actions (login required)
View Item |