Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Layanan Bimbingan Penyuluhan Dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama LKMD Abung Timur

Safitri, Iis (2022) Peran Layanan Bimbingan Penyuluhan Dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama LKMD Abung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI IIS SAFITRI -1803022012 -BPI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran layanan bimbingan penyuluhan dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama LKMD Abung Timur. Kedisiplinan merupakan sikap patuh terhadap tata tertib, norma-norma dan peraturan di sekolah. Kedisiplinan peserta didik dapat dilihat dari ketaatan peserta didik dalam menjalankan tata tertib sekolah yang berhubungan dengan jam belajar, kerapihan, dan kepatuhan peserta didik dalam mengikuti kegiatan sekolah lainnya. Setiap peserta didik melakukan kesalahan yang berbeda-beda, dikarenakan setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga peran layanan bimbingan penyuluhan sangatlah dibutuhkan dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik di sekolah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang merupakan prosedur penelitian analisis berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi atau pengamatan secara langsung dengan mengamati keadaan peserta didik di sekolah. Peneliti melakukan wawancara dengan narasumber yang telah ditentukan dan bersamaan dengan mendokumentasikan, serta beberapa dokumentasi terkait dengan penelitian yang sedang dilakukan.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru Bimbingan Penyuluhan berperan dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama LKMD Abung Timur yaitu guru Bimbingan Penyuluhan berperan dalam membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah, memberikan nasehat, arahan dan teguran kepada peserta didik yang tidak disiplin, memberikan bimbingan kepada peserta didik agar tidak salah dalam mengambil keputusan, serta mencegah (preventif) agar tidak melanggar tata tertib dan peraturan di sekolah. Kemudian, usaha untuk menanamkan kedisiplinan dilakukan dengan cara memberikan bimbingan kelompok dan bimbingan individu kepada peserta didik yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling.

Kata Kunci : Bimbingan Penyuluhan, Layanan Bimbingan Penyuluhan, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:24
Last Modified: 01 Nov 2022 04:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6530

Actions (login required)

View Item View Item