Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Lembaga Keuangan Mikro Syariah Merubah Persepsi Pedagang Pasar Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Pasar Tradisional Kampung Rukti Harjo)

Listyawati, Dea (2022) Upaya Lembaga Keuangan Mikro Syariah Merubah Persepsi Pedagang Pasar Terhadap Bank Syariah (Studi Kasus Pasar Tradisional Kampung Rukti Harjo). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEA LISTYAWATI - 1702100014 - S1 PBS.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi pedagang pasar tradisional terhadap lembaga keuangan syariah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu yang pertama bagaimana persepsi pedagang pasar terhadap lembaga keuangan syariah, yang kedua bagaimana upaya yang dilakukan lembaga keuanga mikro syariah dalam merubah persepsi pedagang pasar terhadap lembaga keuangan syariah. Persepsi merupakan sejenis aktivitas pengelolaan informasi yang menghubungkan seseorang dengan lingkungannya. Dalam konteks ini, apabila seseorang memiliki pengetahuan tentang kecenderungan orang lain, ia akan mudah memahami perilaku orang itu dimasa lalu, sekarang, serta masa yang akan datang.Dalam merubah persepsi pedagang terhadap lembaga keuangan syariah, lembaga keuangan mikro syariah menggunakan metode bauran pemasaran yakni dengan menerapkan 4 P diantaranya Place, Produk, Price dan Promotion.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sesuai dengan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang memfokuskan pada penelitian lapangan (Field Research). Dalam Pengambilan sampel wawancara, peneliti memilih menggunakan teknik sampling yaitu Snowball Sampling.

Dari hasil penlitian yang peneliti dapatkan dalam upaya lembaga keuangan mikro syariah dalam merubah persepsi pedagang terhadap lembaga keuangan syariah adalah belum maksimalnya sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga keuangan syariah sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman pedagang terhadap lembaga keuangan syariah.

Kata Kunci: Persepsi, Persepsi Anggota, Bauran Pemasaran, Lembaga Keuangan Syariah, Pasar Tradisional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Nov 2022 09:18
Last Modified: 04 Nov 2022 09:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item View Item