Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota BMT Lestari Putri Sejati Raman Utara Lampung Timur

Gunawan, Rosalya (2022) Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota BMT Lestari Putri Sejati Raman Utara Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ROSALYA GUNAWAN - 1804100093 - S1 PBS.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan berupa Kondisi BMT dengan produk yang sedikit dan relatif tetap, strategi pemasaran yang masih bersifat lokal menyebabkan BMT mengalami persaingan yang cukup ketat. Selain itu masih ada anggotanya yang belum mempunyai loyalitas yang tinggi. Fakta ini menjadi permasalahan yang menarik untuk mengetahui mutu pelayanan yang akan mendatangkan tingkat kepuasan dan pada akhirnya berdampak pada keloyalitasan anggotanya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampling accidental sampling. Adapun jumlah responden dalam penelitain ini sebanyak 95 responden. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, uji T (Parsial) dan koefisien determinasi (R2 ).

Hasil uji T (parsial) diketahui nilai thitung > ttabel (1,999 > 0,677). Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya antara variabel mutu pelayanan (X) berpengaruh secara positif signifikan terhadap loyalitas anggota (Y) pada BMT Lestari Putri Sejati Raman Utara Lampung Timur. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,210. Artinya bahwa variabel mutu pelayanan mampu mempengaruhi loyalitas anggota sebanyak 21%, sedangkan 79% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Pengaruh mutu pelayanan terhadap loyalitas anggota didasari oleh indikator pendukung mutu pelayanan yang ada di BMT Lestari Putri Sejati Raman Utara Lampung Timur yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung

Kata Kunci : Mutu Layanan, Loyalitas Anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Nov 2022 09:18
Last Modified: 04 Nov 2022 09:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item