Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi

Putra, Panji Julian (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PANJI JULIAN PUTRA - 1801011109 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang muncul pada penelitian ini ialah Guru kurang menguasai penggunaan strategi belajar blended learning membuat siswa tidak semangat dalam proses pembelajaran dan siswa mengalami penurunan motivasi belajar yang membuat siswa tidak memahami materi dengan baik dan penggunaan strategi blended learning oleh guru mata pelajaran PAI kurang efektif ditandai dengan siswa yang masih mengalami banyak hambatan dalam proses pembelajarannya.

Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh strategi pembelajaran blended learning yang digunakan oleh guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi di SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengah.

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya untuk masing-masing variabel bebas dan variabel terikat tergambar oleh nilai dari harga Chi Kuadrat (X2 ). Sedangkan pengaruh dua variabel bebass terhadap variabel terikat dapat diketahui dari nilai koefisiennya. Peneliti memiliki asumsi sementara bahwa Hipotesis Kerja (Ha) yaitu ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap motivasi belajar.

Setelah data dianalis diketahui bahwa Chi Kuadrat (X2 hitung) lebih besar daripada Chi Kuadrat (X2 tabel), dimana Chi Kuadrat (X2 hitung) sebesar 19,136 dan Chi Kuadrat (X2 tabel) pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488 ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Nov 2022 09:18
Last Modified: 04 Nov 2022 09:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item