Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 4 Metro

Latifah, Dewi (2022) Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 4 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEWI LATIFAH -1601010025 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an merupakan sebuah ibadah yang di lakukang oleh orang muslim terhadap Allah SWT. Membaca Al-Qur’an harus sesuai dengan tajwid yang benar dan membaca Al-Qur’an merupakan sebuah ibadah, maka pembaca di haruskan dalam keadaan bersuci dari hadas kecil maupun hadas besar. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah keahlian yang dimiliki oleh seseorang secara individualisme dalam memahami berbagai macam huruf hijaiyah, mampu memahami dengan berbagai macam harokat, mampu membaca Al-Qur’an dengan dasar tajwid, mampu membaca Al-Qur’an dengan benar dan fasih dan mampu membaca surah-surah dalam AlQur’an.

Pertanyaan pada penelitian ini yaitu : Bagaimana peran guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 4 Metro? Sedangkan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 4 Metro. Penelitian ini menggunakan metode field research atau metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Penelitian ini menggunakan data kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang muncul, sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu, lebih banyak meneliti dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa guru pendidikan agama Islam dalam membina kemampuan peserta didik sudah menjalankan perannya dengan baik, peran tersebut diantaranya yaitu 1). Membimbing, peserta didik diarahkan dan dibimbing sesuai dengan tujuan yang di inginkan, 2). Melatih, guru melakukan pelatihan kepada peserta didik secara bersama-sama maupun secara individu, terutama kepada peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an, 3). Motivator, dimana guru selalu memberikan tuntunan dan semangat kepada peserta didik untuk selalu membaca Al-Qur’an. Dalam penelitian ini juga terdapat faktor pendukun dan penghambat, fakor pendukung dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 4 Metro yaitu banyak peserta didik yang sangat antusias saat proses pembelajaran, rasa ingin tahu peserta didik tentang bacaan Al-Qur’an sangat tinggi. Selanjutnya faktor penghambat dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu banyak peserta didik yang sering lupa dengan hukum-hukum bacaan tajwid, sehingga setiap kali pertemuan harus mengulang hukum bacaan yang sudah di sampaikan sebelumnya.

Kata Kunci : Peran Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Nov 2022 09:17
Last Modified: 04 Nov 2022 09:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6546

Actions (login required)

View Item View Item