Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Pantai Kerang Mas Di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur

Khasanah, Nurul (2022) Pengaruh Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Pantai Kerang Mas Di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURUL KHASANAH - 1502040185 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan media sosial saat ini, masyarakat mulai memanfaatkan fasilitas internet untuk mempromosikan tempat-tempat wisata kepada keluarga, teman, dan masyarakat secara luas. Pada kenyataan pengelolaan Wisata Pantai Kerang Mas melalui promosi media sosial sudah mulai dilakukan oleh pengelola wisata Pantai Kerang Mas namun masih belum efektif. Maka fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial sebagai media promosi wisata pantai kerang mas di Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur.

Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan cara berpikir induktif dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian penggunaan media sosial sebagai media promosi yang dilakukan oleh pengelola pantai kerang mas di Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur sesuai dengan tujuan media sosial sebagai alat promosi yaitu: (1) Untuk menginformasikan (to inform). Pengelola wisata pantai karang mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur memberikan informasi terkait objek wisata dan potensi wisata yang dimiliki pantai karang mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur melalui media sosial intagram dengan cara memposting gambar dan video potensi wisata pantai kerang mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. (2) Untuk mempengaruhi (to persuade), Pengelola wisata pantai kerang mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur mempengaruhi masyarakat dengan cara memberikan kalimat ajakan pada caption postingan dimedia sosial. Penggunaan media sosial sebagai media promosi yang dilakukan oleh pengelola pantai kerang mas Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur mampu mempengaruhi masyarakat untuk berkunjung di pantai kerang mas hal ini dibuktikan dengan peningkatan pengunjung pada tahun 2017 sebebanyak 489.743 pengunjung dan meningkat sebanyak 439.248 atau setara dengan 89% sehingga pada tahun 2018 pengunjung sebanyak 928.991 dan terjadi peningkatan pada sebanyak 356.109 atau setara dengan 38% sehingga pada tahun 2019 pengunjung sebanyak 1.285.100 pengunjung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:31
Last Modified: 07 Nov 2023 03:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item View Item