Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Usaha Terhadap Peningkatan Pendapatan Dimasa Pandemi (Studi Industri Batik Tulis CV. Shiha Ali Berkah Desa Sidoharjo, Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung)

Wijayanti, Ari (2022) Strategi Pengembangan Usaha Terhadap Peningkatan Pendapatan Dimasa Pandemi (Studi Industri Batik Tulis CV. Shiha Ali Berkah Desa Sidoharjo, Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ARI WIJAYANTI - 1602040006 - Ari wijayanti.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu manajemen yang disusun untuk mempercepat pemecahan pemasaran. Strategi merupakan penetepan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan. Didaerah asalnya, di Tulang Bawang batik Shiha Ali Berkah telah menjadi salah satu pelopor batik tulis. CV Shiha Ali Berkah sudah berdiri sejak 6 tahun yang lalu. Walaupun tergolong baru, batik Shiha Ali Berkah sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh CV Batik Tulis Shiha Ali Berkah Kabupaten Tulang Bawang dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menganalisis data menggunakan model induktif.

Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan strategi pengembangan usaha dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup sentra pengrajin Batik Tulis CV Shiha Ali Berkah. Berdasarkan indikator pendapatan dalam peningkatan omset dan laba, pendapatan yang diperoleh oleh CV Shiha Ali Berkah setelah masa pandemi mengalami peningkatan laba sebesar 45% dari tahun sebelumnya. Startegi yang digunakan oleh CV Shiha Ali Berkah adalah pengembangan produk dan promosi. Pembaharuan produk dilakukan dengan memperbaharui motif ukiran dan warna dengan penambahan warna alam.

Kata kunci: Strategi, Pendapatan, Pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:35
Last Modified: 03 Oct 2022 02:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item View Item