Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD N 1 Taman Cari Lampung Timur

Ardianti, Pepri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD N 1 Taman Cari Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
PDF SKRIPSI PEPRI ARDIANTI (1701050108) - Pepri Ardianti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang mengkaitkannya dengan pristiwa nyata sehingga mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis siswa. Kebanyakan siswa hanya paham dan hafal suatu konsep, mereka belum mampu mengaplikasikan konsep tersebut ketika diberi soal yang berbeda dari contoh. Oleh karena itu guru harus menggunakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. salah satu model yang dapat digunakan oleh guru adalah Model Pembelajaran Matematika Realistik. Model Pembelajaran Matematika Realistik ini berorientasi pada kehidupan sehari-hari siswa. dengan berorientasi pada masalah sehari-hari pembelajaran akan lebih bermakna, menarik, serta mudah untuk dipahami.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Quasi eksperimen dan jenis penelitiannya Nonequivalen Control Grup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi SD Negeri 1 Taman Cari, sedangkan sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Taman Cari. Instrumen pengumpulan data untuk kemampuan pemahaman matematis siswa berupa tes dalam bentuk esay. Materi yang digunakan adalah pecahan. Analisis data menggunakan uji t (uji paired sample t test).

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa diterapkannya model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai 21,397 > 2,021 maka t hitung > t tabel, dan nilai sig 0,001 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SD Negeri 1 Taman Cari Lampung Timur. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Kemampuan Pemahaman Konsep, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:07
Last Modified: 03 Oct 2022 08:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item View Item