Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Bidang Studi Fiqih Siswa Kelas IX MTs Al-Asror Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016

Amrullah, Ahmad (2016) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Bidang Studi Fiqih Siswa Kelas IX MTs Al-Asror Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi (2).pdf - Other

Download (484kB)

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar adalah faktor lingkungan sekolah, dimana lingkungan sekolah yang baik mestinya akan memberikan pengaruh yang baik pula terhadap minat belajar siswa. Lingkungan sekolah yang baik serta didukung dengan tersedianya alat kelengkapan sekolah yang cukup memadai akan meningkatkan minat siswa dalam belajar. Lingkungan yang dimaksud disini adalah lingkungan sekolah MTS AL-ASROR Sekampung

Rumusan masalah dalam penelitian adalah : apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar bidang studi Fiqih siswa kelas IX MTS AL-ASROR Sekampung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar bidang studi Fiqih siswa kelas IX MTS AL-ASROR Sekampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Metode Angket sebagai metode utama, yaitu untuk mengetahui data tentang lingkungan sekolah dan data tentang minat belajar. Metode Dokumentasi untuk mengetahui data guru, karyawan, keadaan siswa, struktur sekolah serta denah lokasi MTS AL-ASROR Sekampung. Metode Interview dan Observasi sebagai metode pendukung penelitian. Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 99 siswa, dengan mengambil sampel sebanyak 45 siswa. Untuk mengetahui kebenaran hipotesis, penulis menggunakan rumus Kai Kuadrat dengan analisa Koefisien Kontingensi (KK).

Dari hasil analisa menggunakan rumus kai kuadrat dan KK, dapat diperoleh nilai Phi (φ) hitung adalah sebesar 0,532 kemudian harga tersebut dikonsultasikan dengan harga r tabel baik pada taraf signifikan 5 % (0,361) maupun 1 % (0,463). Hal ini berarti r hitung lebih besar dari pada r tabel, baik pada taraf signifikan 5 % maupun 1 %. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap minat belajar bidang studi Fiqih siswa kelas IX Mts Al-ASROR Sekmpung Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:02
Last Modified: 03 Oct 2022 08:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6574

Actions (login required)

View Item View Item