Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada TK Islam Tuma’ninah Yasin Metro Pusat

Purwasih, Nur Yuli (2022) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada TK Islam Tuma’ninah Yasin Metro Pusat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Nur Yuli Purwasih PDF.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi serta dapat digunakan untuk berfikir, mengekspresikan perasaan dan melalui bahasa pula seseorang dapat menerima pikiran dan perasaan orang lain. Sedangkan metode cerita bergambar merupakan salah satu cara yang memberikan kesempatan kepada anak dalam mengembangkan kosa kata serta melatih anak untuk dapat mengekspresikan perasaan nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan metode cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Islam Tuma’ninah Yasin Metro Pusat.\ Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK Islam Tuma’ninah Yasin Metro Pusat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah sumber data dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak di kelompok B di TK Islam Tuma’ninah Yasin Metro Pusat menunjukan hasil yang baik. Setelah guru menggunakan metode cerita bergambar terdapat pengaruh baik terhadap perkembangan bahasa anak, hal ini di tandai dengan kemampuan anak dalam mengungkapkan pendapatnya, peningkatan pembendaharaan kata pada anak, anak dapat menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat yang baik, anak dapat merangkai huruf menjadi sebuah kata yang bermakna, dan anak mampu menggunakan kalimat sesuai dengan tujuan nya. Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak adalah peran aktif dari seorang guru serta adanya media yang dapat menarik minat belajar siswa. Adapun faktor penghambat perkembangan bahasa anak adalah latar belakang anak yang lahir tidak normal dan kurang nya stimulus dari orangtua.

Kata kunci: Metode cerita bergambar, kemampuan bahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:46
Last Modified: 03 Oct 2022 08:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item