Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqhmi Nurul Huda Sadar Sriwijaya Tahun Ajaran 2014/2015

Purnama, Yeni (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqhmi Nurul Huda Sadar Sriwijaya Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Yeni Purnama.pdf - Other

Download (211kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Fiqh ( haji ) kelas V di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya yang dilihat dari 2 siswa hanya 5 siswa atau 19% siswa yang telah memenuhi KKM. Rendahnya hasil belajar di MI Nurul Huda disebabkan karena Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik sehingga siswa kurang bersemngat dalam mengikuti proses kegiatan belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqh dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match pada siswa kelas V MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya. Variabel terikat (X) dalam penelitian ini adalah Hasil Belajar Siswa , sedangkan variabel bebasnya (Y) adalah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dengan cara kolaborasi antara guru dan peneliti, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini berlangsung 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya sebanyak 26 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siklus I yang awalnya 5 siswa atau sama dengan 19% dari 26 siswa kemudian dilanjutkan dengan Siklus ke II sehingga meningkat menjadi 81% atau 21 siswa yang memenihi KKM. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Srategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar Fiqh pada siswa kelas V MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya, Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:34
Last Modified: 03 Oct 2022 08:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6576

Actions (login required)

View Item View Item