Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pelayanan Calon Jamaah Haji Pada KBIH Sunan Kalijaga Way Jepara Dalam Memberikan Kepuasan Jamaah

Sofi, Muhammad (2022) Strategi Pelayanan Calon Jamaah Haji Pada KBIH Sunan Kalijaga Way Jepara Dalam Memberikan Kepuasan Jamaah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Muhammad Sofi - 1804012006.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) adalah lembaga yang memberikan fasilitas pelayanan tentang haji kepada calon jamaah haji Indonesia agar memperoleh pemahaman dan gambaran tentang pelaksanaan ibadah haji. Adanya KBIH sangat membantu calon jamaah haji dalam mendaftar haji dengan tanpa harus melalui Kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota, oleh hal ini strategi pelayanan yang diberikan oleh KBIH di tentukan dari kemampuannya dalam memberikan pelayanan kepada para calon jamaah haji yang mendaftar. Hal ini dikarenakan calon jamaah haji mencari KBIH yang dapat memberikan pelayanan bagus dan tidak mengecewakan.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi pelayanan calon jamaah haji pada KBIH Sunan Kalijaga Way Jepara Lampung Timur. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan memiliki karakteristik bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Insidental Sampling. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis berfikir secara induktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan calon jamaah haji yang dilakukan oleh KBIH Sunan
Kalijaga Way Jepara. meliputi strategi mendasar yaitu harus bersikap ramah dan berpenampilan rapih, komunikatif, daya tanggap, dan jaminan. Dari strategi mendasar tersebut ada berberapa strategi pelayanan yang utama meliputi
berberapa aspek yaitu responsiveness (cepat tanggap),competence (kopetensi),credibility (dapat dipercaya), contribution (kontribusi), honesty (kejujuran), service excellent (pelayanan prima), innovation (perubahan). Namun berdasarkan dari penelitian diatas pelayanan yan diberikan karyawan belum memenuhi standar. Hal ini dapat dilihat dari berberapa strategi yang digunakan, ada dua strategi yang tidak sesuai yaitu contribution (kontribusi) dan service excellent (pelayanan prima).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:45
Last Modified: 05 Oct 2022 03:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item View Item