Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Mubasyiroh Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 7 MTs Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020

Pratiwi, Yulia (2022) Pengaruh Metode Mubasyiroh Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 7 MTs Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YULIA PRATIWI NPM. 1501020059.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Bahwasannya kemampuan membaca adalah salah satu keterampilan bahasa dengan mengucapakan huruf-huruf dan atau lafadz oleh akal pembaca dan memahami teks bacaan. Dan membaca itu adalah proses yang sangat penting untuk memperoleh berbagai ilmu dengan cara membaca buku-buku, majalah, dan artikel. Dan khususnya membaca kitab kuning untuk memperoleh ilmu-ilmu agama. Kitab kuning adalah kumpulan dari beberapa kitab hasil dari buah pengetahuan, ilmu dan ijtidhad para ulama terdahulu. Dan kitab kuning adalah kitab yang ditulis dengan bahasa Arab tanpa adanya harakat dan tanda baca. Dan ilmu gramatika (qowaid) adalah salah satu alat untuk bisa membaca kitab tersebut. Berdasarkan gambaran diatas, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode mubasyiroh terhadap kemampuan berbicara. Dalam penelitian ini, peneliti menetapkan pertanyaan penelitian yaitu” Apakah ada pengaruh metode mubasyiroh terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII MTs Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020. Adapun desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen yaitu penelitian yang menggunakan eksperimen untuk menetapkan hipotesis penelitian. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkkan adanya pengaruh metode mubasyiroh terhadap kemampuan berbicara. Hal itu karena nilai t hitung berada pada nilai 7,474 dan ketika dibandingkan dengan r tabel pada jumlah n= 30, diketahui bahwa nilai r hitung pada derajat signifikasi 5% adalah 1,699, dan pada derajat signifikasi 1% adalah 2,462. Dan t hitung lebih besar dari t tabel pada derajat signifikasi 5% atau 1% yaitu (1,6992,462). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka hipotesis penelitian yang peneliti ajukan yaitu: “Adanya pengaruh metode mubasyiroh terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII MTs Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Oct 2022 09:06
Last Modified: 04 Oct 2022 09:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6584

Actions (login required)

View Item View Item