Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Griya iB Hasanah Dan Peningkatan Nasabah (Studi Kasus BNI Syariah KC Tanjung Karang)

Fatimah, Asih Nurul (2020) Strategi Pemasaran Produk Griya iB Hasanah Dan Peningkatan Nasabah (Studi Kasus BNI Syariah KC Tanjung Karang). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
ASIH NURUL FATIMAH_1602100010.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Beroperasinya BNI Syariah sebagai Bank Umum Syariah (BUS) sebagai tempat nasabah untuk menghimpun dana dan mengajukan pembiayaan berbsis syariah. Bank dapat dikatakan memeliki keunggulan bersaing apabila bank tersebut banyak diminati oleh nasabah. Produk pembiayaan konsumtif yang ada di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Tanjung Karang banyak diminati nasabah adalah produk pembiayaan BNI Griya IB Hasanah. Usaha untuk meningkatkan jumlah nasabah produk Griya IB Hasanah sudah melakuan strategi personal selling, grebek pasar, dan melakukan adverstising atau pengiklanan yang memberikan informasi mengenai produk pembiayaan Griya IB Hasanah. Oleh kerena itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat demi keberhasilan untuk menambah jumlah nasabah. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui strategi pemasaran produk Griya IB Hasnah dan peningkatan nasabah di BNI Syariah KC Tanjung Karang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan(Field Risearch), adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada karyawan BNI Syariah KC Tanjung Karang. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi berupa data-data terkait dokumen dokumen ata u arsip-arsip, bai k it u berupa sejara h Ban k BNI Syaria h K C Tanjun g Karan g maupun dokumen dokumen registe r pembiayaan dan jurnal yan g ada di Ban k BNI Syaria h K C Tanjun g Karang untuk mengetahui strategi pemasaran produk Griya IB Hasanah untuk meningkatkan jumlah nasabah.

Hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa strategi pemasaran produk yang dilakukan BNI Syariah Kc Tanjung Karang adalah menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang cangkupannya tentang produk, promosi, dan pelayanan, adapun strategi khusus bagian dari promosi yang dilakukan oleh pihak BNI Syariah KC Tanjung Karang menggunakan personal selling, kanvasing, open table, dan promosi melalui web dalam upayanya untuk meningkatkan jumlah nasabah. Dan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk Griya IB Hasanah yang dilakukan belum maksimal untuk menambah jumlah nasabah, karena memiliki pesaing yang menawarkan produk yang sama jenisnya kepada nasabahnya, kurangnya sosialisasi terhadap produk, sudah ada yang menjadi nasabah bank syariah lain, dan informasi tentang promo-promo yang ditawarkan terlalu singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:47
Last Modified: 04 Oct 2022 08:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6588

Actions (login required)

View Item View Item