Safitri, Elsa Dwi (2022) Upaya Penerapan Kelasnya Manusia dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di PAUD Mentari Sidoluhur Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Elsa Dwi Safitri PIAUD (1501030011).pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Belajar melalui bermain merupakan teknik pengajaran yang berkesan bagi anak usia dini. Teknik ini dapat mendatangkan kesenengan dan kepuasan kepada peserta didik dalam program yang hendak di sampaikan. Teknik belajar melalui bermain dapat dilakukan dengan menggunakan strategi, metode, materi atau bahan, dan media yang menarik agar mudah diikuti anak. Lembaga pendidikan juga perlu memperhatikan pengelolaan kelas belajarnya, sebab pengelolaan kelas dapat menciptakan kondisi yang optimal bagi proses belajar mengajar. Dengan kondisi yang optimal dapat memberikan motivasi belajar bagi peserta didik untuk menggerakkan mereka melakukan sesuatu agar dapat memperoleh hasil dan mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penerapan kelasnya manusia dalam meningkatkan motivasi belajar di PAUD Mentari Desa Sidoluhur, Kecamatan Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, adapun sifat penelitian yang diggunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder berupa dokumen-dokumen yang berada di lembaga PAUD Mentari Desa Sidoluhur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru, dan Wali Murid di PAUD Mentari Desa Sidoluhur. Sedangkan observasi dilakukan untuk mengamati bagaimana keadaan proses belajar dan lembaga pendidikan tersebut. Serta dokumentasi digunakan sebagai pelengkap guna memperoleh data sebagai bahan informasi yang berupa data-data program yang ada di PAUD Mentari.
Pembelajaran dengan kelasnya manusia dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, karena dengan display yang menarik akan memotivasi belajar peserta didik dan pembelajaran akan tersampaikan dengan baik. Faktor pendukung penerapan kelasnya manusia yaitu memanfaatkan barang-barang yang dapat dimanfaatkan/diolah kembali serta memiliki lingkungan yang mendukung dalam menunjang pembelajaran kelasnya manusia tersebut.
Kata Kunci : Penerapan, Kelasnya Manusia, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 03:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 03:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6590 |
Actions (login required)
View Item |