Ramadani, Rika Deri (2022) Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SMP Ma`Arif 09 Seputih Banyak. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
RIKA SKRIPSI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pada dasarnya dalam proses belajar berlangsung, tidak semua siswa dapat mengikutinya secara maksimal. Tentu ada hambatan-hambatan yang di alami siswa dalam belajar. Dalam mata pelajaran IPS, Tentunya ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, seperti kurangnya pemahaman mengenai materi, rendahnya minat baca dan minat belajar siswa serta kurangnya motivasi dalam diri siswa. Ketidakberhasilan siswa dalam mencapai tujuan belajar adalah masalah. Masalah yang dihadapi siswa perlu mendapatkan perhatian yang serius, dikarenakan masalah ini nantinya akan membawa pengaruh negatif, baik dalam dirinya sendiri maupun lingkungan. Disinilah upaya guru sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Dengan merumuskan pertanyaan sebagai berikut: Apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak? Dan Bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif lapangan (Field Research) sedangkan sifat penelitin ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pertama kesulitan belajar yang dialami oleh siswa disebabkan oleh faktor dari siswa itu sendiri. Faktor tersebut yaitu dari minat dan motivasi siswa yang rendah terhadap pembelajaran IPS. Kedua faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa juga terdapat pada faktor eksternal yang mana faktor tersebut berasal dari luar diri siswa, meliputi faktor keluarga, sekolah dan lingkungan. Kurangnya perhatian juga nasehat orang tua juga akan menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar. Adapun upaya guru IPS di SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak yaitu dengan bertutur kata lembut dalam membimbing dan mendampingi siswa, mengunakan metode pembelajaran yang bervariasi, melakukan pendekatan, mengadakan icebreaking, mengunakan media pembelajaran berupa video atau gambar sesuai materi ajar, serta mengadakan program remedial.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar dan Mata Pelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 03:45 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 03:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6591 |
Actions (login required)
View Item |