Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran IPA dalam Kondisi Pandemi Covid 19 di MIN 3 Metro Pusat

Yanda, Marsella Fitri (2021) Pembelajaran IPA dalam Kondisi Pandemi Covid 19 di MIN 3 Metro Pusat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Marsella Fitri Yanda.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Sebagai salah satu ilmu yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, IPA perlu dipelajari dan dipahami dengan baik. Untuk itu, guru perlu menyajikan materi pelajaran dengan baik, menarik dan menyenangkan. Inovasi pembelajaran dapat meningkatkan intensitas interaksi edukatif yang terjadi, sehingga membuat siswa lebih tertarik untuk belajar. Proses pembelajaran dapat menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan belajar anak. Suatu proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Pembelajaran yang dilasanakan pada sekolah dasar juga menggunakan pembelajaran daring/jarak jauh dengan melalui bimbingan orang tua. Siswa dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp group.

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran IPA dalam kondisi New Normal Covid 19 di MIN 3 Metro Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti angket, wawancara dan observasi. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan peneliti menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh, baik data lapangan maupun data kepustakaan kemudian dikumpulkan dan diolah agar dapat ditarik suatu kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru IPA selama pandemi ini menggunakan fasilitas WhatsApp Group baik itu penyampaian materi pelajaran, pemberian tugas serta interaksi dengan para peserta didik. Materi disampaikan melalui dua cara yakni chat group dan video call. Selama proses belajar IPA secara online, para siswa aktif mengikuti dan mengerjakan tugas yang telah diberikan. Namun demikian, ada beberapa kendala yang dihadapi selama proses belajar online berlangsung selama ini seperti murid dan wali murid tidak paham dengan soal yang diberikan, terbatasnya ruang untuk bertanya, orangtua yang tidak memiliki android, dan sinyal buruk. Kondisi semacam ini sangat tidak mendukung kelancaran proses belajar secara online.

Kata Kunci: Pembelajaran & Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:44
Last Modified: 05 Oct 2022 03:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item