Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pai Melalui Metode Resitasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013

Rofiah, Siti (2013) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pai Melalui Metode Resitasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Siti Rofiah.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan tidak terlepas dengan proses belajar. Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya untuk mencapai hasil berupa pengetahuan, sikap pemahaman, dan keterampilan.Namun dalam mencapai tujuan pembelajaran guru sering di hadapkan pada permasalahan permasalahan di lapangan khususnya pada mata pelajaran PAI. Permasalahan ini terjadi di SMP Negeri 2 Pekalongan antara lain kegiatan mengajar selama ini hanya berpusat pada guru dengan didomonasikan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar, selain masih banyak siswa yang kurang memperhatikan, siswa sering ribut, belum siap dalam mengikuti pembelajaran, dan kurang aktif dalam belajar. Untuk itu perlu adanya tindakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Tindakan yang harus dilakukan adalah berupa Penelitian Tindakan Kelas dengan melalui penggunaan metode resitasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Rumusan masalah adalah Apakah penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII semester I SMP Negeri 2 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013?, adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pekalongan dengan menggunakan metode resitasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar siswa, dokumentasi digunakan untuk melakukan analisis profil dan analisis daftar nilai siswa. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Berdasarkan analisis penelitian ini, dapat diketahui bahwa dengan penggunaan metode resitasi aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 66,33 dan pada siklus II mencapai 82,33 sehingga mengalami peningkatan 16,00%. Kemudian pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,50 dan pada siklus II mencapai 85,00 dengan peningkatan 17,53%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Oct 2022 09:01
Last Modified: 06 Oct 2022 09:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6600

Actions (login required)

View Item View Item