Wati, Tita Pertama (2020) Penggunaan Media Flashcard Dalam Peningkatan Kemampuan Menghitung Permulaan di Kober Tunas Bangsa Hadimulyo Timur Metro Lampung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI(6).pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Menghitung merupakan salah satu lingkup dari kognitif. Seseorang dituntut untuk menguasai kemampuan matematika. Adapun dalam dunia anak anak, matematika yang harus dikenalkan maupun dikembangkan bukanlah matematika yang memiliki kerumitan seperti orang dewasa, namun matematika yang pengenalannya lebih sederhana yaitu menghitung permulaan. Pertanyaan peneliti dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media flashcard dalam peningkatan kemampuan menghitung permulaan di KOBER Tunas Bangsa Hadimulyo Timur Metro Lampung?, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari penggunaan media flashcard dalam peningkatan kemampuan menghitung permulaan di KOBER Tunas Bangsa Hadimulyo Timur Metro Lampung?. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari penggunaan media flashcard dalam peningkatan kemampuan menghitung permulaan di KOBER Tunas Bangsa Hadimulyo Timur Metro Lampung, dan untuk mengetahui faktor penghambat serta pendukung dari penggunaan media flashcard dalam peningkatan kemampuan menghitung permulaan di KOBER Tunas Bangsa Hadimulyo Timur Metro Lampung.
Adapun jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi penelitian di KOBER Tunas Bangsa Hadimulyo Timur Metro Lampung. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan verification. Dan untuk menguji keabsahan menggunakan triangualasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan media flashcard dalam peningkatan kemampuan menghitung permulaan di KOBER Tunas Bangsa Hadimulyo Timur Metro Lampung telah terealisasikan dengan baik. Penggunaan media flashcard ini mampu memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Adapun hasil pencapaian guru dalam peningkatan kemampuan menghitung permulaan di KOBER Tunas Bangsa adalah penguasaan konsep anak bertambah, masa transisi peralihan dari konkret ke lambang, tahap lambang dalam hal ini anak sudah mampu mengenal bentuk bentuk dari lambang matematika yang sifatnya sederhana. Adapun faktor pendukunya adalah anak memiliki keantusiasan dalam proses pembelajaran dan situasi kelas yang kondusif. Selain itu, faktor penghambatnya adalah hilangnya konsentrasi pada anak karena suasana kelas yang kurang kondusif. Kata kunci: media flashcard, kemampuan menghitung permulaan anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 07:51 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 07:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6606 |
Actions (login required)
View Item |