Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Media Balok dalam Mengembangkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Srikaton Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah

Mufiidah, Durroh (2020) Penerapan Media Balok dalam Mengembangkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Srikaton Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI(9).pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Media balok merupakan sebuah permainan edukatif atau media pembelajaran yang dapat membantu dalam kagiatan pembelajaran dalam mengenal bentuk-bentuk geometri seperti segi tiga, segi empat, persegi panjang dan lingkaran. Sedangkan kognitif adalah suatu proses berfikir, kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif anak melalui penerapan media balok di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Srikaton Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Srikaton Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan data display. Dan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media balok dalam mengembangkan perkembangan kognitif anak sudah berkembang sesuai harapan sesuai indikator yaitu memcahkan masalah, berfikir logis dan berfikir simbolik. Dengan ketiga indikator tersebut pengetahuan anak dalam mengetahui bentuk bentuk balok, mengenal perbedaan berdasarkan ukuran dan bentuk, mengelompokkan balok sesuai bentuk dan ukuran, menyusun benda menjadi sebuah bentuk seperti rumah dan mobil, dan anak dapat menyamakan bentuk balok dengan benda lain terus meningkat. Dari 20 perserta didik ada 2 peserta didik yang belum berkembeng secara maksimal yaitu dalam hal pemecahan masalah mengenal benda berdasarka fungsi dan menyelsaikan tugasnya dalam menyusun sebuah bentuk dari susunan balok, dikarenakan anak lebih suka mewarnai dan menulis. Namun, selain dua anak tersebut perkembangan kognitif anak sudah berkembang sesuai harapan sesuai dengan indikator yang ada. dengan demikian penerapan media balok dalam mengembangkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Srikaton sudah diterapkan dengan baik dan berkembang sesuai harapan.

Kata kunci, Media Balok, Perkembangan Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:02
Last Modified: 10 Oct 2022 03:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6611

Actions (login required)

View Item View Item