Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak di PAUD Rembulan Jayasakti Anak Tuha Lampung Tengah

Azizah, Siti Nur (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak di PAUD Rembulan Jayasakti Anak Tuha Lampung Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI(8).pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan suatu model pembelajaran yang dapat membantu dalam kagiatan pembelajaran dalam meningkatkan kerja sama yang baik di antara peserta didik dalam memecahkan permasalahan yang ada dengan membebaskan peserta didik tersebut dalam mengemukakan pendapat atau ide ideny. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tornament di PAUD Rembulan Jayasakti Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di PAUD Rembulan Jayasakti Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan data display. Dan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT sudah di terapkan dengan baik, sesuai dengan ndikator perkembangan sosial emosional anak umur 4-5 tahun yaitu kesadaran diri, rasa tanggung jawab dan prilaku prososial. Penerapan model pembelajaran kooperatif terbukti efektif diterapkan hal ini dapat dilhat dari, langkah-langakh yang sudah tepat yang dilakukan oleh guru, pembelajaran berfokus kepada siswa, serta terjadinya peningkatan hasil pembelajaran serta perkembangan sosial emosionnal pada diri anak tersebut. Dengann hasil: 17 anak berkembang sangat baik dan 3 anak mulai berkembang, karena ketiga anak tersebut lebih suka bermain sendiri, tidak menyukai keramaian.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Koopeartif Tipe Temas Games Tournament, Perkembangan Sosial Emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:56
Last Modified: 10 Oct 2022 02:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item