Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Video Dalam Pengembangan Aspek Kognitif Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Bina Ilmu Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Pratiwi, Novia (2020) Penggunaan Media Video Dalam Pengembangan Aspek Kognitif Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Bina Ilmu Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
NOVIA PRATIWI_1601030007.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Media video merupakan bagian dari media audio visual yang menampilkan gambar dan suara. Media video menjadi pilihan yang menarik untuk menyampaikan materi pembelajaran terutama pada Pendidikan Anak Usia Dini. Kurangnya daya ingat anak dalam mengingat materi yang disampaikan guru karena media yang digunakan kurang menarik seperti majalah dan penggunaan papan tulis membuat media video menjadi pilihan untuk menyampaikan materi di kelas karena dengan media tersebut anak-anak akan tertarik dan akan mengasah daya ingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan media video dalam pengembangan aspek kognitif anak di TK IT Bina Ilmu Sekampung beserta dengan efektivitas penggunaan media video dalam mengembangkan kognitif anak.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Lokasi penelitian di TK IT Bina Ilmu Sekampung. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan dua jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menyimpulkan bahwa, langkah-langkah penggunaan media video yaitu guru menyiapkan video dengan kriteria video sesuai dengan tema pembelajaran, bergambar, berwarna dan diselingi dengan lagu, langkah selanjutnya guru menyiapkan perangkat pendukung seperti sound system, laptop dan LCD proyektor, guru menjelaskan isi materi yang ada dalam video, dan dibagian akhir guru melakukan evaluasi. Dengan penggunaan media video tersebut perkembangan kognitif anak berkembang. Hal tersebut terlihat saat anak-anak dievaluasi dengan melakukan tanya jawab tentang huruf hijaiyah yang telah dilihat dalam video. Efektivitas penggunaan media video dalam pengembangan kognitif anak terbukti dari anak yang mampu mengingat, mampu membedakan huruf hijaiyah, dan mampu merepresentasikan benda disekitar dengan bentuk huruf hijaiyah. Sedangkan efektivitas dari media video terlihat dari proses saat anak-anak disajikan video, anak-anak fokus dan bersemangat saat belajar.

Kata Kunci: Media Video, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:51
Last Modified: 10 Oct 2022 03:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6615

Actions (login required)

View Item View Item