Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle di PAUD Al-Ishlah Kecamatan Metro Pusat

Rahayu, Anita (2021) Implementasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle di PAUD Al-Ishlah Kecamatan Metro Pusat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
ANITA RAHAYU_1601030030.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, estetis, fleksibel, integrasi, diferensiasi yang berdaya guna dalam berbagai bidang untuk pemecahan suatu masalah. Pengembangan kreativitas yang digunakan untuk anak yaitu melakukan pendekatan dengan 4 P yaitu, pribadi, pendorong, proses, dan produk yang menggunakan media sederhana seperti kardus bekas, kertas HVS yang terdapat gambar, atau sampul buku yang tidak terpakai. Untuk penerapannya lebih menggunakan media permainan puzzle. PAUD Al-Ishlah Kecamatan Metro Pusat merupakan pendidikan anak usia dini yang mengimplemetasikan pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan puzzle, maka diharapkan permainan puzzle dapat mengembangkan kreativitas pada anak usia dini.

Adapun pertanyaan penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan puzzle di PAUD Al-Ishlah Kecamatan Metro Pusat?, 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat pada implementasi pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan puzzle di PAUD Al-Ishlah Kecamatan Metro Pusat?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan puzzle di PAUD Al-Ishlah Kecamatan Metro Pusat, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada implementasi pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan puzzle di PAUD Al-Ishlah Kecamatan Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Wali Murid. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskripsif kualitatif.

Pada penelitian ini terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pengembangan kreativitas anak usia dini melalui permainan puzzle, faktor yang mendukung seperti faktor internal dan eksternal, sedangkan faktor penghambatnya ialah hadiah dan persaingan. Hasil penelitian ini secara garis besar sudah diimplementasikan dengan semaksimal mungkin, maka membuat kreativitas anak mengalami pengembangan yang baik dan hasil karya anak berkembang berdasarakan jenjang usianya.

Kata Kunci: Pengembangan Kreativitas, Permainan Puzzle

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:56
Last Modified: 10 Oct 2022 06:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6616

Actions (login required)

View Item View Item