Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Roudlotul Ulum Ma`Arif 13 Kec. Seputih Surabaya Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020

Khairudin, Ahmad (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Roudlotul Ulum Ma`Arif 13 Kec. Seputih Surabaya Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Ahmad Khairudin 2014.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Dalam pembelajaran sangatlah penting karena keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Tentunya siswa tidak hanya dilihat dari nilai akademisi disekolah tetapi dilihat dari perubahan-perubahan dalam diri siswa tersebut, karena dalam kegiatan belajar mengajar siswa mengalami proses belajar sebagai proses perubahan yang terjadi. Keberhasilan dalam mencapai hasil belajar pada setiap siswa berbeda-beda adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar dikelompokan menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah segala faktor yang berasal dari dalam diri siswa, diantaranya tingkah intelegensi, minat, motivasi dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal adalah segala faktor dari luar diri siswa, diantaranya lingkungan keluarga, masyarakat, pergaulan, fasilitas belajar, keadaan sosial ekonomi keluarga dan sebagainya. Rumusan masalah penelitian ini adalah; Apakah ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Roudlotul Ulum Ma’arif 13 Kec. Seputih Surabaya Lampung Tengah Tahun Pelajaran. 2019/2020?Tujuan penelitian ini adalah:Untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket langsung, observasi dan dokumentasi. Populasi yang penulis ambil adalah siswa kelas X MA Roudlotul Ulum Ma’arif 13 sebanyak 62 siswa, maka dengan ini penelitian ini merupakan penelitian sampel. Berdasarkan hasil pengujian, di peroleh harga chi kuadrat ( hitung) sebesar36,582. Kemudian harga hitung ini dibandingkan dengan harga tabel sebesar 9,488. Diperoleh nilai hitung lebih besar dari tabel. Dengan demikian hipotesis (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru terhadap Hasil Belajar. Sedangkan untuk menguji seberapa besar pengaruhnya, penulis menggunakan Koefisien Kontingensi (C). Dari pengujian C, diperoleh harga Chitung = 0,609 kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks , maka dapat dikatakan ada pengaruh yang sangat erat antara variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan pengujian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Strategi Pembelajaran Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA Roudlotul Ulum Ma’arif 13 Kec. Seputih Surabaya Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:59
Last Modified: 10 Oct 2022 06:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6617

Actions (login required)

View Item View Item