Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Usaha Percetakan (Studi Pada Frent Art di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro)

Marzuki, Muhammad Arif (2022) Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Usaha Percetakan (Studi Pada Frent Art di Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MUHAMMAD ARIF MARZUKI 1804041104 ESY - Muhammad Arif.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu hal yang paling dipikirkan oleh seorang pengusaha adalah bagaimana cara mempertahankan usahanya agar terus berjalan dan mengalami perkembangan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan perkembangan usaha, suatu perusahaan dituntut untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat dan dapat diterima oleh konsumen. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi bauran pemasaran. Penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi bauran pemasaran di percetakan Frent Art dalam meningkatkan perkembangan usaha percetakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi bauran pemasaran yang digunakan Percetakan Frent Art didalam meningkatkan perkembangan usahanya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dokumentasi dan observasi. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisa dengan mengunakan berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam implementasi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Percetakan Frent Art dalam meningkatkan perkembangan usahanya yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process sudah cukup efektif dan berdampak pada perkembangan usahanya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah pendapatan, jumlah pelanggan, peningkatan kualitas produk, dan kemajuan dalam menjalankan metode promosi. kemudian dari 7P yang digunakan Percetakan Frent Art bauran pemasaran promosi dan produk yang menjadi andalan untuk membantu Frent dalam meningkatkan perkembangan usahanya. Namun selain memiliki strategi andalan Percetakan Frent Art juga memiliki masalah pada penerapan bauran pemasaran pada place, physical evidence dan people.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Perkembangan Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:37
Last Modified: 11 Oct 2022 02:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item View Item