Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Media Visual Untuk Pembelajaran Berhitung Pemula di RA Bustanu Usysyaqil Qur’an Sidodadi Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Sari, Anes Nopita (2020) Penerapan Media Visual Untuk Pembelajaran Berhitung Pemula di RA Bustanu Usysyaqil Qur’an Sidodadi Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (11MB)

Abstract

Media visual merupakan media pembelajaran atau alat peraga untuk mempermudah proses belajar yang dinikmati oleh panca indera mata. Media visual gambar dapat membantu dalam pembelajaran berhitung pemula sesuai dengan indikator standar pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun tahap kognitif berfikir simbolik dengan menyebutkan lambang bilangan 1-10, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung dan mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian Penerapan Media Visual Untuk Pembelajaran Berhitung Pemula telah berkembang atau cukup berjalan baik. Dalam penerapan mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yaitu kegiatan awal pembelajaran melakukan Ice breaking, menanyakan kondisi peserta didik dan mengulas kembali pembelajaran yang lalu, kegiatan inti menjelaskan isi gambar yang digunakan, menyebutkan bilangan 1-10, menulis bilangan 1-10 dibuku tulis, menemukan angka pada meja sesuai dengan nomor peserta didik, menempel gambar hewan, tumbuhan dan buah sesuai bilangan angka. Kegiatan penutup pembelajaran melakukan evaluasi dan menjelaskan tujuan dan manfaat, melakukan tanya jawab dan games tentang materi pembelajaran dan menanyakan bagaimana suasana pembelajaran hari ini menyenangkan atau tidak.

Faktor pendukung dan penghambat yaitu: lingkungan sekolah sarana prasarana dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik, pendidik yang ramah serta kreatif dan ketersediaan media pembelajaran yang mewadahi sedangkan Faktor penghambat karena keterbatasan waktu yang dilakukan secara bergantian.

Kata Kunci: Media Visual, Pembelajaran Berhitung Pemula

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:49
Last Modified: 11 Oct 2022 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6622

Actions (login required)

View Item View Item