Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan antara Persepsi Moving Class dengan Efektivitas Pembelajaran Prodi PAI STAIN Jurai Siwo Metro TA. 2014/2015

Sari, Ratih Yulizar (2015) Hubungan antara Persepsi Moving Class dengan Efektivitas Pembelajaran Prodi PAI STAIN Jurai Siwo Metro TA. 2014/2015. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Ratih Yulizar 1168721.pdf - Other

Download (17MB)

Abstract

Persepsi penerapan moving calss adalah suatu tanggapan individu melalui panca indranya, secara langsung yang terjadi dalam proses pembelajaran yang bercirikan mahasiswa mendatangi dosen di kelas, setiap pergantian mata kuliah yang diikutinya. Efektivitas pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan atau direncanakan secara maksimal, dengan memerlukan bantuan atau bimbingan dosen pada saat proses pembelajaran berlangsung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi penerapan moving class sudah berjalan dengan baik, tetapi ternyata cara penerapan moving class tersebut belum cukup untuk mendukung efektivitas pembelajaran mahasiswa prodi PAI STAIN Jurai Siwo Metro. Maka dari itu terbukti efektivitas pembelajaran tersebut bisa dikatakan kurang maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi penerapan moving class yang telah dilaksanakan di STAIN Jurai Siwo Metro, efektivitas pembelajaran mahasiswa prodi PAI dan mengetahui ada hubungan antara persepsi penerapan moving class dengan efektivitas pembelajaran prodi PAI STAIN Jurai Siwo Metro TA. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI prodi PAI STAIN Jurai Siwo Metro yang berjumlah 265 mahasiswa, karena sampel lebih dari 100, maka penulis mengambil sebesar 20% yang berjumlah 53 mahasiswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi sebagai metode pokok. Kemudian untuk menganalisa data digunakan rumus product moment.

Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara persepsi penerapan moving class dengan efektivitas pembelajaran prodi PAI STAIN Jurai Siwo Metro TA. 2014/2015. Berdasarkan deskripsi di atas maka, hasil analisa data yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment menghasilkan rxy atau r hitung sebesar 0,766. Hasil menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,279 dan taraf signifikan 1% adalah 0,361. Atau 0,361 < 0,766 > 0,279. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ha yang penulis ajukan diterima yakni ada hubungan antara persepsi penerapan moving class dengan efektivitas pembelajaran prodi PAI STAIN Jurai Siwo Metro TA. 2014/2015.

Melalui persepsi penerapan moving class dalam perguruan tiinggi sangat penting sebagai salah satu upanya untuk membuat mahasiswa akan lebih semangat dalam mengikuti proses belajar. Jadi dengan adanya persepsi penerapan moving class di lembaga perguruan tinggi diharapkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa yang dicapai akan semakin lebih baik dan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:28
Last Modified: 11 Oct 2022 03:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item