Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batanghari Tahun Pelajaran 2015/2016

Irawa, Agus (2016) Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batanghari Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Agus Irawan 1281931.pdf - Other

Download (13MB)

Abstract

Hasil belajar Pendidikan Agama Islam tidak terlepas dari tujuan yang ditetapkan oleh kurikulum Pendidikan Agama Islam, yang mengacu pada konsep syariat Islam yang berpedoman pada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Hasil belajar tersebut memerlukan aktor yang berperan penting dalam proses perubahan tersebut, yaitu seorang guru yang mengajarkan dan mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Sehingga dalam penerapannya proses pembelajaran harus dilaksanakan seefektif mungkin. Namun pada kenyataannya hasil belajar Pendidikan Agama Islam tidak sesuai dengan yang diharapkan, yaitu siswa kurang dalam menyimpulkan dan memahami materi ajar serta pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari, yang berimbas pada hasil belajar yang rendah.

Berdasarkan perumusan masalah tersebut maka dapat dirumuskan masalah yaitu “Apakah ada pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam dan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian penguatan tehadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 2 Batanghari tahun pelajaran 2015/2016”

Penelitian yang penulis lakukan adalah merupakan penelitian exsperimen yang dalam pengolahan datanya menggunakan sampel dari populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas VIII 2.

Berdasarkan analisa dan pengujian hipotesis, adanya pengaruh yang signifikan pada pemberian penguatan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 2 Batanghari tahun pelajaran 2015/2016. Pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar siswa sebesar 9,16 yang diperoleh dari uji f, dari perhitungan menunjukkan bahwa fo sebesar 84,01 lebih besar dari pada f tabel baik pada taraf signifikan 1% (7,17) atau 5% (4,03).

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran: 1. Bagi Guru pendidikan agama Islam agar memperhatikan dan lebih membiasakan dalam memberikan penghargaan kepada siswa, sehingga siswa dapat mengeluarkan segala kemampuannya dalam pembelajaran, dan memberikan suri tauladan yang baik kepada siswanya karena guru merupakan panutan setelah orangtua dirumah. 2. Kepada siswa agar lebih giat dalam belajar, sehingga dalam proses pembelajaran dapat terlaksana dengan optimal dan mencapai tujuan pendidikan yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:34
Last Modified: 11 Oct 2022 03:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6626

Actions (login required)

View Item View Item