Risna, Verin (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Uuntuk Siswa Kelas X SMA Muhammadyah 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Verin risna.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya buku-buku pendukung yang dapat digunakan siswa sebagai bahan belajar pendamping siswa serta guru yang tidak menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran untuk dapat membangun daya tarik siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran, kelayakan pengembangan modul pembelajaran, respon peserta didik serta respon pendidik terhadap pengembangan produk berupa modul pembelajaran matematika kontekstual.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini, produk yang akan dikembangkan oleh peneliti adalah modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan melalui beberapa tahap yaitu: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pengembangan ini yaitu, penilaian ahli materi 1 adalah 3,40 dengan kategori valid dan ahli materi 2 adalah 3,60 dengan kategori sangat valid. Penilaian rata-rata ahli materi adalah 3,50 dengan kategori sangat valid. Penilaian ahli media 1 adalah 2,35 dengan kategori cukup dan penilaian ahli media 2 adalah 3,70 dengan kategori sangat baik. Penilaian rata-rata ahli media adalah 3,02 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil uji coba produk melalui 25 siswa SMA Muhammadiyah 1 Metro memperoleh skor rata-rata 3,14 dengan kriteria menarik dan penilaian untuk respon pendidik memperoleh skor 3,65 dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, modul matematika kontekstual dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 08:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 08:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6649 |
Actions (login required)
View Item |