Fafrini, Indri (2022) Pengaruh Kemudahan Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Beli Barang Secara Daring (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Metro Jurusan S1 Perbankan Syariah). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Skripsi INDRI FAFRINI--1704100140 - Indri Fafrini.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Kemudahan penggunaan mobile banking merupakan sebuah keyakinan bahwa seseorang mampu menggunakan sistem teknologi mobile banking tanpa membutuhkan usaha yang besar untuk mengoperasikannya. Mobile banking memberikan akses pembayaran yang paling mudah terutama pada transaksi jual beli barang secara daring. Kemudahan akses internet dan mobile banking disinyalir mampu memicu minat untuk membeli barang secara daring pada seseorang, termasuk mahasiswa IAIN Metro Jurusan S1 sebagai generasi yang kehidupannya lekat dengan teknologi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: adakah pengaruh kemudahan penggunaan mobile banking terhadap minat beli barang secara daring pada mahasiswa IAIN Metro Jurusan S1 Perbankan Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh kemudahan penggunaan mobile banking terhadap minat beli barang secara daring pada mahasiswa IAIN Metro Jurusan S1 Perbankan Syariah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 152 mahasiswa aktif S1 Perbankan Syariah. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel probability sampling yakni simple random sampling. Sedangkan data yang digunakan berasal dari kuesioner yang kemudian diuji menggunakan uji regresi linear sederhana, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara parsial dan simultan kemudahan penggunaan mobile banking terhadap minat beli barang secara daring pada mahasiswa IAIN Metro Jurusan S1 Perbankan Syariah. Berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kontribusi kemudahan penggunaan mobile banking dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk membeli barang secara daring adalah sebesar 0,301 atau 30,1%. Sedangkan 69,9% dipengaruhi faktor lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Mobile banking, Minat Beli, Daring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 07:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 07:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6651 |
Actions (login required)
View Item |