Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Mata Pelajaran PAI SMP Miftahul Jannah Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Anggraini, Nia (2020) Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Mata Pelajaran PAI SMP Miftahul Jannah Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penguatan adalah respon terhadap suatu tingkah laku positif yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut. Untuk meningkatkan hasil belajar, maka guru sebagai seorang pendidik perlu meningkatkan pembelajaran siswa dengan baik dan aktif dengan memaksimalkan keterampilan mengajarnya termasuk keterampilan mengajar guru dalam memberi penguatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran PAI SMP Miftahul Jannah Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran PAI SMP Miftahul Jannah Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020. Hipotesis yang diajukan yaitu: ada pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran PAI SMP Miftahul Jannah Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020.

Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, adapun anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan jumlah 50 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yaitu 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat (X 2 ).

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 20 siswa atau 40% siswa menjawab bahwa pemberian penguatan dalam kategori baik. Sebanyak 23 siswa atau 46% hasil belajar siswa pada kategori baik, dan besarnya pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan harga X 2 sebesar 14,31 lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel (X2 tabel) pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488 dengan tingkat keterkaitan sedang, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Adapun dari perhitungan koefisien determinasinya untuk pemberian penguatan memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 66,58% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Miftahul Jannah Lampung Timur. Kemudian 33,46% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dalam diri maupun luar diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Oct 2022 08:00
Last Modified: 14 Oct 2022 08:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6653

Actions (login required)

View Item View Item