Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi dan Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan IB Hijrah Wadiah (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Antasari Bandar Lampung)

Fitria, Ayuzia (2020) Strategi dan Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan IB Hijrah Wadiah (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Antasari Bandar Lampung). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
AYUZIA FITRIA_1602100215.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Semakin banyaknya lembaga keuangan syariah khususnya perbankan di Indonesia akan menyebabkan persaingan antar bank. Hal ini yang menuntut bank untuk melakukan inovasi-inovasi pada produk-produk yang dikeluarkan guna menarik minat nasabah untuk menempatkan dananya. fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi dan upaya peningkatan jumlah nasabah tabungan iB Hijrah Wadiah pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Antasari Bandar Lampung.

Salah satu inovasi produk pada PT. Bank Muamalat Indonesia yaitu produk tabungan iB Hijrah Wadiah. Produk tabungan iB Hijrah Wadiah menggunakan akad Wadiah Yad Dhamanah dengan berbagai keunggulan yang ada seperti salah satunya yaitu, gratis biaya adminitrasi bulanan. fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi dan upaya peningkatan jumlah nasabah tabungan iB Hijrah Wadiah pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Antasari Bandar Lampung.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan analisis data secara deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian-uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Antasari Bandar Lampung.

Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan diketahui bahwa strategi dan upaya peningkatan jumlah nasabah tabungan ib hijrah wadiah pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Antasari Bandar Lampung menggunakan strategi pemasaran 4P product, price, place, promotion. Dengan fokus upaya pada open table, crosseling, salles call, personal selling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:37
Last Modified: 18 Oct 2022 02:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6670

Actions (login required)

View Item View Item