Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan Usaha Susu Kambing (Studi Kasus Usaha Peternakan Susu Kambing Telaga Rizqy Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro)

Kurniawan, Ricky (2022) Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan Usaha Susu Kambing (Studi Kasus Usaha Peternakan Susu Kambing Telaga Rizqy Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RICKY KURNIAWAN 1602040139 ekonomi syariah (1) - Ricky Kurniawan.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kontribusi sektor pertanian pada perekonomian negara didukung oleh setiap subsektor yang terdapat dalam bidang pertanian yaitu subsektor tanaman pangan, subsektor perkebunan, subsektor peternakan, subsektor kehutanan, dan subsektor perikanan. Dari kelima subsektor tersebut, salah satu subsektor yang memiliki peranan penting dalam perekonomian adalah subsektor peternakan. UMKM Telaga Rizqy Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro merupakan UMKM yang berdiri sejak Desember 2016 dengan tujuan yaitu sebagai usaha peternakan susu kambing dan pengolahan produk dari susu kambing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaraan terhadap pendapatan pada UMKM Telaga Rizqy.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan atau dilokasi penelitian langsung. Adapun sifat penelitian yang digunakan yaitu bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer yang meliputi wawancara dan dokumentasi kemudian sumber data skunder yaitu berasal dari referensi yang ada serta literatur buku-buku, jurnal, dan skripsi terdahulu. Adapun objek dari penelitian ini yaitu analisis strategi pemasaran terhadap pendapatan pada UMKM Telaga Rizqy Yosodadi, Metro Timur, Kota Metro.

Hasil penelitian di lapangan menyatakan bahwa beberapa strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan pendapatan diantaranya menjaga kualitas produk, penetapan harga, saluran distribusi dan juga promosi. Upaya yang dilakukan mampu meningkatkan produksi dan pendapatan namun belum maksimal, sehingga upaya meningkatkan pendapatan melalui strategi yang dilakukan dilakukan oleh perusahaan belum mampu memberikan kenaikan pendapatan yang signifikan.

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:51
Last Modified: 21 Oct 2022 01:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6689

Actions (login required)

View Item View Item