Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Korelasi Antara Kepatuhan Siswa Pada Tata Tertib Sekolah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022

Cahyono, Agus (2022) Korelasi Antara Kepatuhan Siswa Pada Tata Tertib Sekolah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FIX - Agus Cahyono.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pencapaian hasil belajar tidak terlepas dari keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Dalam hal ini, guru dituntut untuk memiliki keterampilan dasar yang dibutuhkan sebagai pendidik profesional. Keterampilan dasar mengajar (teaching skills) pada dasarnya adalah berupa bentuk-bentuk perilaku bersifat mendasar dan khusus yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai modal awal untuk melaksanakan tugas-tugas pembelajarannya secara terencana dan profesional .

Namun tidak hanya hal tersebut akan tetapi sekolah juga membutuhkan tata tertib yang mengendalikan perilaku warganya agar sesuai dengan tatanan yang mengatur hubungan antara warga sekolah, baik antara guru dengan siswa, maupun antara guru dengan pimpinan sekolah. Terwujudnya iklim pendidikan yang kondusif membutuhkan tata tertib sebagai pedoman, yang dikuatkan dengan sanksi bagi siswa yang tidak mematuhinya.

Tata tertib di lingkungan pendidikan merupakan alat penegakan disiplin dan tindakan mencegah perilaku yang tidak sesuai dengan norma pendidikan di sekolah. Sebagai alat penegakan disiplin,maka semua pihak di sekolah, harus memiliki pandangan dan komitmen yang sama terhadap pentingnya tata tertib sebagai pedoman berperilaku di sekolah.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada korelasi antara kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah dengan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020.Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui korelasi antara kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolah dengan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum tahun pelajaran 2019/2020.

Hipotesis yang diajukan yaitu: Hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah hipotesis alternatif (Ha), yaitu: Ada pengaruh kepatuhan siswa terhadap tata tertib sekolahter hadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Riyadlatul `Ulum dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi.

Kata Kunci: Kepatuhan Siswa, Hasil Belajar, Pelajaran AkidahAkhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:51
Last Modified: 25 Oct 2022 08:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item