Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SDN 1 Bumimas

Lestari, Winda (2021) Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SDN 1 Bumimas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WINDA LESTARI (171010500454) 1 - winda lestari.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penerapan sistem pembelajaran jarak jauh dikarenakan Covid-19 menyebabkan banyak siswa SDN 1 Bumimas yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, lupa, dan bahkan tidak mengumpulkannya sama sekali. Siswa juga banyak yang kurang merespon apabila guru menyampaikan tugas lewat pesan grup WhatsApp (WA) dengan alasan tidak memiliki kuota internet dan lain sebagainya. Kemandirian belaja r adala h sebua h sika p mandiri dala m belaja r yang dilakukan sendiri secara sadar tanpa adanya paksaan dari orang lain, tidak mudah terpengaruh dan berinisiatif mencari sumber-sumber materinya sendiri guna memperole h pemahaman dan memecahkan masala h belajarnya sendiri. Sedangkan pemahaman konsep matematika adalah kemampuan siswa dalam mengingat sebuah konsep yang telah di pelajari , memahaminya bertujuan mempermudah dalam menyelesaikan sebuah permasalahan atau soal yang telah dihadapi sehingga mampu untuk mengaplikasikan konsep dengan sesuai.

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan pemahaman konsep matematika kelas V SDN 1 Bumimas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas V sebanyak 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi menggunakan korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan pemahaman konsep Matematika, dimana r hitung sebesar 0,508, sehingga lebih besar dari r tabel (0,497), pada taraf signifikan 5%, atau dapat di formulasikan sebagai berikut r hitung 0,508 > r tabel 0,497, maka hipotesis (Ho) di tolak dan (Ha) diterima. Dan dilihat dari interpretasi nilai “r” product moment bahwa r hitung terletak pada 0,40-0,69 yang artinya korelasi sedang atau cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan positif antara kemandirian belajar dengan pemahaman konsep matemtika.

Kata kunci: Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:30
Last Modified: 26 Oct 2022 02:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item