Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Perusahaan Kosmetik dan Rumah Tangga di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020

Lathifah, Luthfi (2021) Pengaruh Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Dan Debt To Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Perusahaan Kosmetik dan Rumah Tangga di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI_LUTHFI LATHIFAH_NPM.1804022008 - Sasha Oktaviani.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu alternatif yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh dana. Kehadiran pasar modal memperbanyak pilihan sumber dana bagi investor serta menambah pilihan dalam berinvestasi. Aspek penting yang menarik untuk dipahami dalam pasar modal adalah pergerakan naik turunnya harga saham yang disebut sebagai fluktuasi. Fluktuasi harga saham dapat dipengaruhi dari earning per share (eps), price earning ratio (per), dan debt to equity ratio (der). Penelitian ini, dimaksud untuk mengungkap pengaruh earning per share (eps), price earning ratio (per), dan debt to equity ratio (der) terhadap harga saham dengan perusahaan yang dipilih adalah perusahaan kosmetik dan rumah tangga di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017- 2020.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara parsial earning per share (eps) berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan kosmetik dan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuktikan dengan hasil nilai bahwa Thitung > Ttabel yakni 4.165 > 2.120 dengan nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.05. Price earning ratio (per) tidak berpengaruh terhadap harga saham dengan hasil nilai bahwa Thitung < Ttabel yakni 0.746 < 2.120. Debt to equity ratio (der) tidak berpengaruh terhadap harga saham dibuktikan dengan hasil nilai bahwa Thitung < Ttabel yakni 1.537 < 2.120. Secara simultan earning per share, price earning ratio, debt to equity ratio berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan kosmetik dan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.

Dalam uji koefisien determinasi, earning per share (eps), price earning ratio (per) dan debt to equity ratio (der) memberikan pengaruh terhadap harga saham perusahaan kosmetik dan rumah tangga dengan nilai R Square sebesar 0,713 artinya besarnya pengaruh ketiga variabel secara bersama-sama ialah 71,3% dan sisanya 28,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam regresi peneliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akutansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akutansi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Oct 2022 09:19
Last Modified: 27 Oct 2022 09:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6726

Actions (login required)

View Item View Item