Fatmawati, Murni (2022) Efektivitas Digitalisasi Perbankan Melalui Self Service Technology Terhadap Kepuasan Pengguna M-Banking di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Pasar di Desa Mengandung Sari). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI REVISI MURNI MUNAQOSYAH - Murni Fatmawati.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Digitalisasi perbankan adalah transformasi digital dimana pelayanan secara fisik berubah menjadi pelayanan secara digital. Layanan digital dalam perbankan disebut dengan digital banking. Salah satu layanan digital banking yaitu mobile banking. Adanya pandemi covid-19 telah membuat pemerintah menerapkan kebijakan untuk tetap dirumah (stay at home) dan menjaga jarak (physical distancing) guna mencegah penyebaran covid-19. Kebijakan tersebut menyebabkan masyarakat menggunakan mobile banking untuk bertransaksi agar terhindar dari penyebaran covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas digitalisasi perbankan melalui layanan mobile banking terhadap kepuasan nasabah di masa pandemi covid-19.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu Pedagang Pasar Mengandung Sari dan selaku penguna layanan mobile banking.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat dua jenis mobile banking yang digunakan pedagang pasar Mengandung Sari, yaitu BRI dan BCA. Pada penelitian ini juga diketahui bahwa nasabah lebih tertarik dan puas menggunakan mobile banking BRI dari pada BCA. Hal ini karena biaya pembuatan rekening pada BRI lebih murah jika dibandingkan dengan BCA. Selain itu nasabah telah merasakan kemudahaan berbagai fitur mobile banking BRI dan kemudahan konsultasi serta akses yang diperoleh dengan letak cabang BRI yang banyak tersebar di Indonesia hingga kepedesaan. Sehingga nasabah lebih tertarik untuk membuat rekening BRI dan menggunakan mobile banking BRI dari pada BCA. Dengan banyaknya fitur terbukti telah memberikan kemudahan dan kepuasan bagi nasabah karena proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat, serta penggunaan mobile banking dimasa pandemi dapat terhindar dari penyebaran covid-19.
Kata Kunci: Digitalisasi Perbankan, Mobile Banking, Kepuasan Nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 03:03 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 03:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6751 |
Actions (login required)
View Item |