Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Strategi Komunikasi Persuasif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Negeri 1 Lampung Timur

Zaenab, Zaenab (2022) Pengaruh Strategi Komunikasi Persuasif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
11. Skripsi Zaenab (1) - Jenap.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang memiliki peranan penting dalam mencentak generasi penerus yang cerdas dan dapat mengharumkan nama bangsa. Melalui komunikasi persuasif yang digunakan guru di dalam proses pembelajaran maka akan mampu membangkitkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibutuhkan karena keberhasilan belajar siswa tidak hanya berasal dari faktor internal (siswa) melainkan juga berasal dari faktor eksternal seperti guru dan proses pembelajaran. Sehingga untuk mewujudkan timbulnya motivasi belajar siswa, maka guru harus menggunakan pesan persuasif. Rumusan maslah pada penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh strategi komunikasi persuasif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Lampung Timur?

Tujuan dari penelitian ini ialah: Untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi persuasif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan atau dipakai ialah: metode kuantitatif ,yaitu metode yang tehnik pengumpulan datanya berupa angka-angka.

Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket tertutup sebagai metode utama mengumpulkan data tentang strategi komunikasi persuasif dan motivasi beajar siswa, serta dokumentasi sebagai penunjang dan pelengkap.. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah 26 siswa dari jumlah populasi 104 siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Timur. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah: ada pengaruh strategi komunikasi persuasif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negei 1 Lampung Timur.

Dari hasil penelitian tentang strategi komunikasi persuasif dan motivasi belajar siswa dapat dikemukakan bahwa: analisa pengaruh dengan menggunakan procduct moment diperoleh rhitung sebesar 0,869. Hal ini menunjukkan bahwa antara strategi komunikasi persuasif (variabel X) dengan motivasi belajar siswa (variabel Y) terdapat pengarh yang sangat kuat. Adapun kontribusi strategi komunikasi persuasif terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) diketahui sebesar 75,51%. Atau dengan pengertian lain bahwa pengaruh strategi komunikasi persuasif terhadap motivasi belajar siswa sebesar 75,51%, sedangkan sisanya 24,49% dipengaruhi oleh factor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:45
Last Modified: 28 Oct 2022 03:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6752

Actions (login required)

View Item View Item